12. PERENCANAAN DAN ANALISIS SISTEM
Perencanaan
dan Analisis Sistem
Analisis Sistem merupakan Penguraian dari suatu sistem
informasi yang utuh ke dalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untuk
mengidentifikasikan dan mengevaluasi permasalahan, kesempatan, hambatan yang
terjadi dan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan.
Perencanaan
sistem adalah proses membuat sebuah laporan perencananaa sistem yang
menggunakan sumber sistem informasi yang berhubungan dan mendukung tujuan
bisnis dan operasi organisasi.
Perencanaan
sistem dilakukan saat suatu kegiatan akan berjalan.tujuannnya untuk melihat
kesempatan memanfaatkan teknologi informasi dan membangun proyek sistem yang
mendukung tujuan bisnis.
12.1.
Perencanaan sistem dan analisis kelayakan
• Analisis kelayakan
Tujuannya adalah :
a. Menentukan kemungkinan
keberhasilan solusi yang diusulkan.
b. Berguna untuk memastikan bahwa
solusi yang diusulkan tersebut benar – benar dapat dicapai dengan sumber daya
dan dengan memperhatikan kendala yang terdapat pada perusahaan serta dampak
terhadap lingkungan sekeliling.
• Perencanaan sistem dan analisis
sistem mencakup 7 tahap yaitu :
1. Pembahasan dan perencanaan pada
tingkat manajemen puncak.
2. Penetapan dewan pengarah
perencanaan sistem.
3. Penetapan tujuan dan batasan
keseluruhan.
4. Pengembangan perencanaan sistem
informasi strategik.
5. Identifikasi dan memprioritaskan
area spesifik dalam organisasi
sebagai focus pengembangan sistem.
6. Pembuatan proposal sistem untuk
mendukung dasar analisis & perancangan awal sub-system tertentu.
7. Pembentukan tim untuk tujuan
analisis perancangan awal sistem.
• Tugas – tugas analisis kelayakan :
1. Penentuan masalah dan peluang
yang dituju sistem.
2. Pembentukan sasaran sistem baru.
3. Pengidentifikasian para pemakai system
• Metode penentuan penganggaran
modal :
1. Payback period
2. Net present value
3. Internal rate of return
4. Modified internal rate of return.
• Ukuran kelayakan :
1. Teknologi
2. Ekonomi
3. Non ekonomi
4. Organisasi atau operasional
5. Jadwal
12.2.
Langkah-langkah analisis system
Langkah-langkah
analisis sistem :
1. Identify , mengidentifikasi
masalah merupakan langkah pertaman yang dilakukan dalam tahap analisis sistem.
Tugas yang harus dilakukan analis sistem adalah :
a. Mengidentifikasi penyebab masalah
b. Mengidentifikasi titik keputusan
c. Mengidentifikasi personil –
personil kunci
2. Understand, memahami kerja sistem
yang ada
Langkah ini dapat dilakukan dengan
mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Diperlukan
data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian.Sejumlah data perlu
dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang ada yaitu
wawancara, observasi, daftar pertanyaan dan pengambilan sampel
3. Analyze, Menganalisis sistem
Langkah ini dilakukan berdasarkan
data yagn telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan.
Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini, selanjutnya analis sistem akan dapat
melakukan analis dari hasil penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan
permasalahan dari sistem yang ada.
Report , membuat laporan hasil
analisis.
Laporan hasil analisis diserahkan ke
Panitia Pengarah yang nantinya akan diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen
bersama-sama dengan panitia pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari
temuan-temuan dan analis yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan
dalam laporan ini.
Tujuan utama dari penyerahan laporan
ini kepada manajemen adalah:
1. Analisis telah dilakukan,
2. Meluruskan kesalah pengertian
mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis sistem tetapi tidak sesuai
menurut manajemen,
3. Meminta pendapat dan saran dari
pihak manajemen, dan
4. Meminta persetujuan kepada pihak
manajemen untuk melakukan tindakan.
12.3.
Teknik-teknik pengkumpulan fakta
Fakta
merupakan bagian dari informasi yang menunjukkan realita , situasi, dan relasi
yang menjamin analisis permodelan.
Ada tiga sumber yaitu :
1.Sistem yang berjalan
menyediakan
kesempatan untuk menetukan apakah sistem memuaskan,perlu sedikit perbaikan,
membutuhkan pemeriksaan yang besar, atau diganti.Juga menyediakan sumber ide
perancangan untuk membantu analis mengidentifikasikan sumber yang ada bagi
sistem yang baru.
2.Sumber internal lainnya
Sumber
yang utama adalah orang yang akan menggunakan system yang baru.Sumber kedua
didapat dari dokumen kerja yang ada dalam organisasi. Dokumen dapat
diklasifikasikan misalnya struktur organisasi, apa yang sudah dilakukan
organisasi, dan rencana apa yang akan dilakukan organisasi
3.Sumber eksternal
Informasi yang berasal dari luar
organisasi membuka cakrawala ide dan teknik. Banyak industri dari kelompok dan
seminar memberikan.
12.4.
Teknik-teknik mengorganisasikan fakta
Teknik untuk mengorganisasikan fakta
terdiri dari :
• Analisis pengukuran kinerja
• Analisis Distribusi kerja
• Analisis Fungsional
• Analisis Matriks
12.5.
Analisis sistem terstruktur
Adalah
Salah satu pendekatan formal pertama untuk analisis sistem informasi. Analisis
ini terfokus pada aliran data dan proses bisnis dan perangkat lunak. Analisis
ini disebut proses oriented. Analisis terstruktur sederhana dalam konsep.
Proses analis menggambarkan serangkaian proses dalam bentuk diagram alir data
(Data Flow Diagram) yang menggambarkan proses yang ada atau yang diusulkan
bersama-sama dengan input , output dan file mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar